Tips Mengatasi/Mencegah Tangki Bocor

images

Peran tangki bensin pada sepeda motor sangat vital, karena merupakan tempat menampung dan menyuplai bahan bakar kendaraan agar bisa berjalan atau agar bisa di kendarai. Tentu akan sangat merugikan dan berbahaya jika tangki motor anda sampai bocor, karena bahan bakar akan cepat habis dan bisa jadi menimbulkan kebakaran. Sebenarnya, apa penyebab tangki motor menjadi bocor? Ternyata tangki motor yang bocor penyebabnya cukup sepele, yakni air. Air bisa menyelinap masuk pada tangki motor, melalui tutup tangki. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka lama kelamaan air ini menjadi banyak dan mengendap di dasar tangki. Lantas, pelat tangki motor bagian bawah akan mengalami keropos oleh air. Dan ini lah yang yang menyebabkan tangki motor mudah bocor. Nah bagaimana jika tangki motor anda sudah terlanjur bocor? Berikut tips sederhana namun ampuh untuk mengatasinya:

Bahan :

  • Epoxy.
  • Sabun cuci pakaian/ detergent pakaian.
  • Kelereng 2 atau 3 biji.

Langkah pengerjaan :

  1. Lepas tangki dari body motor, lalu tuang bensin yang tersisa di tangki sampai habis. Dalam keadaan tangki cukup kering, masukan detergen ke dalam tangki secukupnya. Selanjutnya, masukan air sebanyak setengah tangki, lalu disusul dengan memasukan kelereng.
  2. Setelah detergen dan kelereng masuk adalah dengan mengkocok tangki. Lakukan hal tersebut sampai sisa-sisa bensin hilang. Langkah ini bergungsi untuk menghilangkan kadar bensin dalam tangki secara keseluruhan. Kemudian keringkan tangki tersebut di bawah terik matahari agar cepat kering.
  3. Masukkan cairan epoxy yang telah di campurkan dengan hardenernya dan kocok-kocok terus sampai epoxy tersebar merata keseluruh bagian dalam tangki ( sangat penting untuk mengocok dengan teliti dan sedikit lama ). Kemudian keringkan, sebaiknya sekitar 8 jam.

Kalau dilakukan dengan cermat dan sedikit bersabar maka di jamin tangki anda akan bebas dari bocor karena epoxy tidak luntur oleh bensin, sangat kuat merekat dan menutupi permukaan serta berwarna transparan. Tapi tips ini hanya bisa diterapkan buat bocor kecil dan buat pencegahan untuk bocor yang cukup besar atau sobek sebaiknya anda bawa ke bengkel.

Demikian tips dari Kredit Yamaha Makassar, semoga bermanfaat.

jika ingin kredit motor silahkan hubungi admin kami..

Salam Semakin Di Depan!!!